Kriteria Stratifikasi Sosial

Posted on

Kriteria Stratifikasi Sosial. Dalam hal ini terdapat pihak yang dikuasai dan menguasai. Mereka yang memiliki banyak uang akan mudah sekali mendapatkan tanah, kekuasaan.

[STRATIFIKASI SOSIAL 1] Definisi, Kriteria, Macam
[STRATIFIKASI SOSIAL 1] Definisi, Kriteria, Macam from www.youtube.com

Seperti yang diketahui, bahwa biasanya seseorang tidak hanya memiliki satu pola sosial, melainkan. Disini ibu guru akan membahas tentang pelajaran sosiologi yaitu tentang “stratifikasi sosial“. Stratifikasi sosial berdasarkan kriteria ekonomi stratifikasi sosial dalam bidang ekonomi akan membedakan penduduk atau warga masyarakat menurut penguasaan dan pemilikan materi.

Kata Stratification Berasal Dari Kata 'Stratum' Yang Artinya Tingkatan.

Ada juga pihak yang menjadi penguasa dan ada pihak lain yang dikuasi. Seseorang yang memiliki kekayaan paling banyak termasuk dalam lapisan teratas. Ia alan menempati lapisan tertinggi dalam masyarakatnya.

Misalnya, Suatu Lapisan Akan Memiliki Berbagai Kriteria Tersendiri Yang Dapat Dihormati Oleh Setiap Anggota Masyarakat.

Bentuk stratifikasi sosial berdasarkan kriteria politik; Stratifikasi sosial berdasarkan kriteria ekonomi. Berikut inilah kriteria yang menajdi ciri khas dari dalam setratifikasi sosial, antara lain;

Stratifikasi Ini Berkaitan Dengan Kekuasaan Yang Terdapat Dalam Masyarakat.

Pada umumnya pembagian kelas didasarkan pada kriteria ekonomi, sosial, dan politik. Adanya kelangkaan dalam masyarakat menyangkut pembagian hak dan kewajiban. Sistem kasta pada masyarakat hindu yang dibagi menjadi empat kelompok, yaitu brahmana, ksatria, waisya, sudra.

Menurut Soerjono Soekanto Ada Empat Kriteria Yang Dipakai Untuk Menggolongkan Anggota Masyarakat Dalam Suatu Lapisan, Yaitu Sebagai Berikut :

Status atas dasar fungsi dan pekerjaan, misalnya sebagai dokter, guru, dan militer. Orang yang memiliki materi kebendaan atau kekayaan yang paling banyak, mereka akan berada pada lapisan sosial paling atas atau tinggi. Orang yang memiliki harta benda berlimpah (kaya) akan lebih dihargai dan dihormati daripada orang yang.

Namun Dewasa Ini, Pendidikan Yang Dicapai Oleh.

Berdasarkan kriteria ekonomi (mata pencaharian) no. Stratifikasi sosial berdasarkan kriteria ekonomi tersebut memiliki sifat yang terbuka. Seperti yang diketahui, bahwa biasanya seseorang tidak hanya memiliki satu pola sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published.