Contoh Kalimat Konjungsi Subordinatif

Posted on

Contoh Kalimat Konjungsi Subordinatif. Kata sambung atau konjungsi secara garis besar terbagi menjadi tiga jenis yaitu konjungsi intrakalimat, konjungsi antarkalimat, dan konjungsi antar paragraf. Tetapi, di dalam kalimat kompleks, klausa subordinatif hanya mewakili satu fungsi kalimat saja, seperti keterangan, objek, maupun subjek.

Contoh Kalimat Kompleks Jelaskan Contoh Mahakarya
Contoh Kalimat Kompleks Jelaskan Contoh Mahakarya from inunmatched.blogspot.com

Aku akan liburan ke bali jika tabunganku sudah terkumpul. Contoh kalimat konjungsi subordinatif hubungan penjelasan; Kami sudah jarang berkumpul semenjak lulus kuliah tahun lalu.

Riko Membeli Sayur Dan Buah Di Pasar Swalayan.

Konjungsi subordinatif adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan dua klausa atau lebih yang tidak sama derajatnya. Guru mengatakan pada para siswa bahwa tindakan yang mereka lakukan tidak sesuai dengan norma masyarakat. Neither the teacher nor his mother know where he studied;

Konjungsi Yang Menghubungkan Dua Klausa Atau Kalimat Yang Tidak Sama Yang Menjelaskan Keberadaan Hubungan Kondisi Antara Keduanya.

Salah satu dari klausa itu merupakan anak kalimat dari induknya. Konjungsi subordinatif adalah kata hubung yang menghubungkan induk kalimat dengan anak kalimat. Dengan kata lain, ada klausa yang.

Saya Pasti Akan Memaafkannya Seandainya Dia Mau Mengakui Kesalahannya.

Sedangkan untuk konjungsi kompleks merupakan kata penghubung yang di gunakan untuk menghubungkan 2 buah frasa, klausa atau dengan kalimat yang memiliki. Konjungsi/kata hubung/kata sambung merupakan sebuah kata yang menghubungkan antara satu klausa dengan klausa lain atau antar satu kalimat dengan kalimat yang lainnya. Konjungsi berfungsi sebagai kata penghubung kalimat, yang dibagi menjadi konjungsi korelatif, koordinatif, subordinatif dan antarkalimat.

Jika, Jikalau, Asal (Kan), Bila, Dan Manakala.

Paman mencuci mobil sedangkan bibi menyapu lantai. Pak buchori sudah meninggal ketika dokter datang. Kata sambung atau konjungsi secara garis besar terbagi menjadi tiga jenis yaitu konjungsi intrakalimat, konjungsi antarkalimat, dan konjungsi antar paragraf.

Antara Lain Konjungsi Intrakalimat, Konjungsi Antarkalimat, Konjungsi Korelatif, Konjungsi Subordinatif, Konjungsi Kausal, Dan Konjungsi Temporal Sederajat Serta Tidak.

Contoh kalimat sebab akibat dan konjungsi yang digunakan dalam kalimat sebab akibat Contoh kalimat konjungsi subordinatif hubungan penjelasan; Di antara pilihan jawaban berikut, manakah contoh kalimat yang mengandung kata hubung subordinatif paling tepat?

Leave a Reply

Your email address will not be published.