Fungsi Tulang Keras

Posted on

Fungsi Tulang Keras. Tulang rawan juga bersifat liar dan lentur, karena ada zat diantara sel tulang yang mengandung zat perekat serta zapur banyak. Rangka tubuh manusia dan hewan vertebrata terdiri atas jaringan tulang dan tulang keras yang merupakan sebagai penyusun paling utama dalam sistem rangka tubuh.

PPT Struktur Osteon ( sel tulang keras ) PowerPoint
PPT Struktur Osteon ( sel tulang keras ) PowerPoint from www.slideserve.com

Yakni merupakan salah satu jenis tulang yang bersifat keras ( osteon ) atau dikenal juga dengan tulang sejati yang mempunyai matriks berpori atau berongga yang di dalamnya berisi jaringan sumsum tulang yakni suatu sumsum tulang merah yang bekerja untuk melakukan reproduksi sel darah merah dan sumsum tulang. Tulang sendiri adalah salah satu bagian yang paling keras dan kuat yang ada di dalam tubuh manusia karena bagian ini terbuat dari kolagen dan berbagai macam mineral seperti kalsium sehinggga membuat tulang menjadi kuat dan juga keras. Zat kapur itu merupakan perekat tulang, zat kapur adalah semacam protein yang disebut dengan kolagen.

Nama Tulang Lengan Dan Fungsinya.

Pada orang dewasa tulang rawan ada pada telinga, hidung, ujung tulang keras dan sendi. Fungsi dari tulang keras diantaranya berikut ini : By admin materi posted on august 18, 2021.

Hampir Disetiap Bagian Tubuh Kita Ada Tulang, Yang Kemudian Dibungkus Dengan Daging Dan Yang Paling Luar Adalah Kulit.

Perbedaan tulang rawan dan tulang keras. Pada orang dewasa tulang rawan terdapat pada telinga, hidung, ujung tulang keras dan sendi. Tahukah kamu apa fungsi tulang keras?

Sel Tulang Disebut Osteosit Yang Dibentuk Oleh Osteoblast.

Walaupun begitu, tahapan di awal pembentukan tulang keras asalnya bisa dari tulang rawan. Tulang rawan adalah jaringan penghubung yang keras, tetapi fleksibel dan bisa anda temukan pada berbagai bagian tubuh. O iya, pada tulang keras juga terdapat saluran havers yang di dalamnya terdapat pembuluh darah yang berfungsi mengatur kehidupan sel tulang.

Fungsi Dari Tulang Keras Adalah Sebagai Berikut:

Jaringan ini terdiri dari air dan zat berbentuk gel yang disebut sebagai matriks. Tulang kompak adalah apa yang ditemukan di luar sebagian tulang besar. Matriks tulang keras tersusun padat, rapat dengan mengandung banyak zat kapur.

Tulang Keras Atau Tulang Yang Biasa Kita Sebut Sebagai Tulang Saja Atau Tulang Sejati Ini Merupakan Alat Gerak Pasif, Artinya Tulang Ini Tidak Dapat Bergerak Sendiri.

Fungsi utama tulang rawan adalah salah satu bagian yang paling menantang dari histologi. Bagian luar tulang keras dilapisi oleh periosteum yang merupakan tempat melekatnya otot. Tulang rawan mempunyai sifat liat dan lentur dikarenakan terdapat zat antar sel tulang yang mengandung zat perekat dan zapur banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.