Teori Pergeseran Benua

Posted on

Teori Pergeseran Benua. Sama halnya dengan proses terjadinya sesuatu yang pasti ada teori tertentu. Teori yang dikemukakan dinamakan sebagai teori apungan dan pergeseran benua yang dikemukakan pada forum geologi di frankrut, jerman.

TEORI APUNGAN BENUA Katalog Geografi
TEORI APUNGAN BENUA Katalog Geografi from kataloggeografi.blogspot.co.id

Continental drift) merupakan gagasan yang dituangkan alfred l. Teori pengapungan benua alfred wegener. Pada dasarnya pergeseran benua merupakan pergerakan horizontal yang terjadi dalam skala besar dari benua relatif satu sama lain dan ke cekungan samudra selama satu atau lebih episode waktu geologi.

Dalam Perjalanannya, Ada 6 Teori Pembentukan Permukaan Bumi Yang Dikemukakan Para Ahli, Diantaranya Teori Apungan Benua, Teori Kontransi, Teori Konveksi, Teori Pergeseran Dasar Laut, Teori Dua Benua, Dan Teori Lempeng Tektonik.

Live science, pergeseran benua adalah teori yang menjelaskan bagaimana benua bergeser posisi di permukaan bumi. Teori pergeseran benua menjelaskan bahwa semua benua berasal dari satu daratan yang disebut pangea yang terpecah akibat pergeseran secara perlahan ke arah ekuator dan barat benua. Teori ini menyatakan bahwa kerak bumi mengalami pengerutan karena proses pendinginan di bagian dalam bumi akibat konduksi panas.

Ia Menyatakan Bahwa Pada Awalnya Di Bumi Hanya Ada Satu Benua Maha Besar Disebut Pangea.

Teori apungan benua (continental drift theory) teori apungan benua dikemukakan oleh alfred lothar wegener tahun 1912 dalam bukunya the origin of the continents and oceans. Adapun definisi terkait dengan arti teori apungan benua menurut para ahli, antara lain sebagai berikut; Hipotesis pergeseran benua (bahasa inggris:

Sebagian Belahan Bumi Selatan Tertutup Es (Seperti Di Wilayah Afrika Selatan, India, Dan Selandia.

Sama halnya dengan proses terjadinya sesuatu yang pasti ada teori tertentu. Mengungkapkan teori tersebut pada tahun 1912 di hadapan perhimpunan ahli geologi di frankfurt, jerman. Dengan adanya tenaga tektonik atau arus konveksi, benua yang satu tersebut (pangea) terpisah menjadi dua, yakni laurasia di bagian utara dan gondwana di bagian selatan.

Teori Pengapungan Benua Dikemukakan Oleh Alfred Wegener Pada 1912.

Berdasarkan kejadiannya, muka bumi awalnya adlh benua besar yg disebut pangea, lalu benua tsb geser dn pecah ke arah ekuator dn barat. Wegener pada hipotesisnya yang dituangkan dalam buku. Teori tersebut diungkapkan pertama kalinya di.

Teori Konveksi Ini Adalah Satu Kesatuan Di Dalam.

Meskipun memiliki bukti geologis dan peleontologis ini, teori pergeseran benua wegener tidak diterima oleh komunitas ilmiah, karena penjelasannya tentang kekuatan pendorong di belakang pergerakan benua (yang katanya berasal dari gaya tarik yang menunjukkan tonjolan ekuatorial bumi atau tarikan gravitasi dari.bulan) disangkal. Proses pembentukan lautan berdasarkan teori pergeseran benua hipotesis pergeseran benua (bahasa inggris: Walaupun disertai riset dan bukti fosil dan batuan untuk mendukung teorinya, pada mulanya teori dia ditolak oleh banyak ilmuwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.