Bentuk Sosialisasi Sekunder

Posted on

Bentuk Sosialisasi Sekunder. Sosialisasi sekunder adalah proses berikutnya yang memperkenalkan individu yang telah disosialisasi ke dalam sektor baru dari dunia objektif masyarakatnya. Sosialisasi primer adalah sosialisasi pertama yang dialami individu semasa kecil dengan belajar menjadi anggota masyarakat (keluarga).

Sosialisasi dan kepribadian (galih)
Sosialisasi dan kepribadian (galih) from www.slideshare.net

Sosialisasi ini merupakan suatu tahap proses sosialisasi lanjutan setelah tahap sosialisasi primer yang memperkenalkan individu ke dalam kehidupan masyarakat. Sosialisasi sekunder sosialisasi sekunder adalah suatu proses sosialisasi lanjutan setelah sosialisasi primer yang memperkenalkan individu ke dalam kelompok tertentu dalam masyarakat. Dalam proses resosialisasi, seseorang diberi suatu identitas diri yang baru.

Sosialisasi Sekunder Adalah Suatu Proses Sosialisasi Lanjutan Setelah Sosialisasi Primer Yang Memperkenalkan Individu Ke Dalam Kelompok Tertentu Pada Masyarakat.

Nah di dalam sosialisasi sekunder ini terdapat dua bentuk yaitu: Alasan hal ini diungkapkan lantaran kepribadian setiap individu. Sosialisasi represif, sosialisasi ini mempunyai tujuan meminimalisir terjadinya tindakan menyimpang dalam lingkungan masyarakat.

Sebagai Contoh Resosialisasi Adalah Seseorang Tersebut Memasuki Penjara/Rumah Sakit Jiwa/ Lembaga Pendidikan Militer, Yang Mana Merubah Pribadi Seseorang.

Pada bentuk ini, individu dilatih untuk saling ber sosialisasi antar sesama umur. Adapun dalam contoh ssosialisasi sekunder biasanya dapat mempengaruhi perkembangan individu karena bentuk sosialisasi sekunder adalah lanjutan dari sosialisasi primer. Sosialisasi sekunder, sosialisasi ini berlangsung diluar rumah dilakukan oleh teman sabayanya, oleh tetangga, saudara jauh atau oleh masyarakat sekitarnya, oleh teman sekolah atau guru sekolahnya termasuk oleh rekan kerjanya, rekan komunitasnya , rekan seorganisasinya dll.

Sosialisasi Sekunder Sosialisasi Sekunder Adalah Suatu Proses Sosialisasi Lanjutan Setelah Sosialisasi Primer Yang Memperkenalkan Individu Ke Dalam Kelompok Tertentu Dalam Masyarakat.

Sosialisasi sekunder, biasanya terjadi dilingkungan sekolah, lingkungan bermain, lingkungan bekerja, dan media massa. Sosialisasi sekunder adalah suatu proses sosialisasi lanjutan setelah sosialisasi primer yang memperkenalkan individu ke dalam kelompok tertentu dalam masyarakat. Sosialisasi primer dan sekunder sosialisasi merupakan suatu proses yang berlangsung sepanjang hidup manusia.

Didalilkan Dalam Bentuk Ini Pada Pertengahan Abad Kedua Puluh, Sosialisasi Tetap Menjadi Konsep Sentral Khususnya Dalam Psikologi.

Sosialisasi sekunder terdiri dari : Donald light, suzanne keller, dan craig callhoun mengemukakan bahwa setelah seseorang mendapatkan sosialisasi dini atau sosialisasi primer (primary socialization), maka selanjutnya ia akan mendapatkan sosialisasi sekunder (secondary socialization). Pada tahapan sekunder ini seorang individu akan mengalami resosialisasi yaitu pemberian identitas baru dari masyarakat.

Seperti Lingkungan Kerja, Media Massa, Sekolah, Lingkungan Bermain, Dan Sebagainya.

Sosialisasi secara formal berbeda dengan sosialisasi sekunder. Mengutip dari buku sosiologi 1, diterbitkan oleh fakultas sastra, universitas negeri padjadjaran menjelaskan dua bentuk sosialisasi primer dan sekunder. Sosialisasi sekunder adalah proses berikutnya yang memperkenalkan individu yang telah disosialisasi ke dalam sektor baru dari dunia objektif masyarakatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.