Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat

Posted on

Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat. Minimal harus terdiri dari 3 (tiga) kalimat tunggal. Antara kalimat majemuk dengan kalimat lainnya, dibedakan berdasarkan bentuk dan pola kalimatnya.

20+ Contoh Kalimat Majemuk Setara, Bertingkat, Dll Lengkap
20+ Contoh Kalimat Majemuk Setara, Bertingkat, Dll Lengkap from made-blog.com

Ada kalimat yang tidak dapat diisolasi jika klausa dipisahkan satu sama lain. Di pembahasan kali ini kita akan membahas tentang contoh kalimat majemuk bertingkat atau bisa kita sebut juga kalimat majemuk hubungan perbandingan. Kalimat ini dicirikan dengan sebuah kata hubung “bahwa”.

Perhatikan Contoh Berikut Ini Kalimat Tunggal :

Ayah pergi ke kantor dan adik pergi ke sekolah. Kalimat ini dicirikan dengan sebuah kata hubung “bahwa”. Anita tetap berangkat ke sekolah, padahal ia sedang sakit.

Karena Hal Tersebut Jugalah, Klausa 1 Dapat.

Kalimat majemuk bertingkat hubungan waktu. Karena jatuh dari sepeda, andi tidak masuk kuliah. Kalimat majemuk itu sendiri mempunyai beberapa tingkatan.

Terdapat 3 Karakteristik Kalimat Majemuk Campuran, Sebagai Berikut :

Kalimat majemuk bertingkat klausa bawahan pengganti predikat. Berikut ini adalah contoh kalimat majemuk bertingkat hubungan waktu, antara lain. Wanita yang berambut panjang itu adalah adik saya.

Ia Akan Membeli Sepeda Motor, Jika Gajinya Naik.

Kalimat majemuk bertingkat kategori syarat kalimat ini menggunakan kata penghubung seperti apabila, jika, andai dan lainnya. Konjungsi yang digunakan dalam kalimat majemuk bertingkat adalah ketika, karena, supaya, meskipun, jika, dan sehingga. Aku aku pergi berangkat sekolah, setelah menyelesaikan sarapan.

Seperti Yang Telah Kita Ketahui Bahwa Kalimat Majemuk Merupakan Jenis Kalimat Bahasa Indonesia Yang Memiliki Karakteristiknya Sendiri.

Kalimat majemuk jenis ini setidaknya terdiri dari 3 klausa atau lebih. Ada kalimat yang tidak dapat diisolasi jika klausa dipisahkan satu sama lain. Pada kalimat jenis ini, konjungsi yang paling sering digunakan adalah “ketika”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.