Ciri-Ciri Syair

Posted on

Ciri-Ciri Syair. Setiap baris syair memberi kesan kesatuan; Setiap bait terdiri dari empat baris.

PPT Mengidentifikasi & menganalisis unsurunsur syair
PPT Mengidentifikasi & menganalisis unsurunsur syair from www.slideserve.com

Syair merupakan salah bentuk karya sastra yang berupa puisi lama. Maka pengertian syair adalah ungkapan pemikiran dan perasaan seseorang. Setiap baris dalam rangkap merupakan idea atau maksud atau isi cerita syair itu.

Biasanya Berisi Cerita, Tip, Dan Saran.

Orang yang membacakan atau membuat syair disebut penyair atau pujangga. Untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak penjelasannya dibawah ini. Syair terdiri atas 4 baris atau larik dalam setiap bait.

Syair Secara Bahasa Berasal Dari Bahasa Melayu, Yaitu Syu'ur Yang Artinya Perasaan.

Syair bisa teridiri dari beberapa bait. Meskipun dari penjelasan di atas sudah diungkapkan, jika ciri utama syair ialah terdiri dari 4 baris dan memiliki akhiran dengan bunyi yang sama, namun puisi lama ini ternyata juga memiliki ciri lain, seperti: Setiap baris syair memberi kesan kesatuan;

Setiap Baris Syair Memberi Kesan Kesatuan;

Ada 8 sampai 14 suku kata di setiap baris. Jumlah suku kata tiap baris gurindam tidak tetap. Jadi minimal dalam 1 baris syair sebanyak 4 kata dan maksimal 6 kata.

Oleh Karena Itu, Semua Baris Berisi Isi Dan Makna.

Syair merupakan salah satu jenis karya sastra puisi lama. Baris kedua gurindam merupakan jawaban soal, akibat masalah, atau perjanjian pada baris pertama. Pantun berasal dari kata patuntun dalam bahasa minangkabau yang berarti petuntun.

Syair Berisi Empat Baris ;

Syair tidak mempunyai sampiran, layaknya pantun. Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi. Proses pendalaman pembacaan syair juga sangat penting untuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.