Kapak Perimbas

Posted on

Kapak Perimbas. Alat ini menjadi salah satu peninggalan peradaban paling tua yang pernah ditemukan. Jadi tuh ya, keduanya itu punya istilah yang sama jadi orang kadang suka keliru padahal keduanya itu beda dari segi bentuk, maupun periode waktu penggunaannya.

√ Materi [LENGKAP] mengenai Zaman Paleolitikum
√ Materi [LENGKAP] mengenai Zaman Paleolitikum from www.yuksinau.id

Fungsi utama kapak perimbas yaitu buat numbuk sama buat motong. Kapak perimbas yang ditemukan banyak yang dibuat dari batuan kuarsa, kuarsit, basal, atau obsidian sama batu rijang dan batu lainnya yang gampang ditemukan di sekitar mereka. Kapak perimbas disebut juga chopper (kapak penetak).

Jadi, Benda Jenis Chopper Termasuk Dalam Kapak Perimbas.

Kapak yang ditemukan di wilayah pacitan, sumatera selatan, lampung, flores, dan bali ini digunakan untuk berburu, mengumpulkan makanan, dan kegiatan lainnya. Dinamakan kapak lonjong karena mempunyai bentuk lonjong seperti telur. Alat ini berupa batu yang dibentuk menjadi semacam kapak.

Kapak Batu Yang Bentuknya Hampir Sama Dengan Kapak Perimbas, Hanya Lebih Besar Dan Cara Pembuataanya Masih Kasar.

Pengertian artefak dan penemuannya di indonesia. Cara pembuatannya masih terbilang sangat sederhana dan tradisional. Pada zaman palaeolitikum alat ini digunakan sebagai alat penusuk, pemotong daging dan pisau.

Kapak Ini Digunakan Oleh Hampir Semua Masyarakat Pada Zaman Batu.

Hasil kebudayaan masyarakat indonesia pada masa praaksara meliputi kapak perimbas, kapak penetak, pahat genggam, alat serpih, alat dari tulang. Kapak perimbas memiliki bentuk yang masih kasar dan belum terbentuk spesifik. Jadi tuh ya, keduanya itu punya istilah yang sama jadi orang kadang suka keliru padahal keduanya itu beda dari segi bentuk, maupun periode waktu penggunaannya.

Meski Pun Secara Peristilahan Hampir Sama, Akan Tetapi Kedua Benda Yang Dimaksud Adalah Dua Benda Yang Berbeda.

Kapak genggam dan kapak perimbas digunakan untuk berburu dan mengumpulkan makanan. Kapak genggam mempunyai fungsi untuk menggali umbi, memotong, dan menguliti binatang. Kegunaan kapak perimbas di zaman itu sangat berguna buat manusia.

Para Arkeolog Mengidentifikasi Kapak Perimbas Sebagai Salah Satu Alat Batu Masif Yang Kasar Dalam Pembuatannya.

Zaman ini disebut pula zaman batu tua , yaitu masa kehidupan berburu dan meramu. Mempunyai nama lain “chopper” (alat penetak/pemotong) kapak perimbas. Kebudayaan kapak ini diperkirakan lebih tua daripada kapak persegi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.