Macam Macam Kromosom

Posted on

Macam Macam Kromosom. Jika mutasi terjadi pada susunan basa nitrogen maka mutasi yang terjadi disebut dengan mutasi gen atau mutasi titik. Pada organisme terdapat 2 macam kromosom,yakni :

PPT BAB3 SUBSTANSI PowerPoint Presentation
PPT BAB3 SUBSTANSI PowerPoint Presentation from www.slideserve.com

Sel kelamin yang berfungsi untuk reproduksi dan bersifat haploid. Pengelompokan ini disebut dengan kariotipe. Perubahan kromosom ini disebut inversi kromosom.

Melalui Proses Reproduksi Dan Mengikuti Pola Pewarisan Sifat, Gen.

Kromosom terkadang dapat terputus dalam dua tempat dan patahan tersebut dapat tergabung kembali dalam urutan yang terbalik. Perubahan kromosom ini disebut inversi kromosom. Macam sel berdasarkan keadaan kromosom dan fungsinya :

Terjadi Pada Kromosom Tidak Bersentromer.

Penghapusan dapat menyebabkan kematian individu dalam bentuk zigot ataupun kematian pada usia dini. C) poliploidi yaitu organisme yang memiliki kromosom lebih dari dua genom, misalnya triploid (4n kromosom), tetraploid (4n kromosom) dan heksaploid )6n kromosom) ploiploidi ada 2 (dua) macam sebagai berikut: Mutasi yaitu perubahan susunan materi genetik pada makhluk hidup yang dapat terjadi di tingkat gen atau kromosom.

Sel Kelamin Yang Berfungsi Untuk Reproduksi Dan Bersifat Haploid.

Pada dasarnya, mutasi dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu berdasarkan cara terjadinya mutasi, berdasarkan sel tempat terjadinya mutasi, berdasarkan gen, dan kromosom yang mengalami mutasi. Mutasi kromosom menyebabkan terjadinya perubahan pada jumlah dan struktur kromosom. Batang panjang atau pendek, lurus atau melengkung yang dapat menyerap zat warna dengan mudah.

Jumlah Kromosom Tiap Jenis Organisme Menunjukkan Banyaknya Kromosom Yang Ada Pada Sebuah Sel Organisme Tersebut.

Struktur kromosom dengan kelainan translokasi terjadi saat segmen kromosom satu terpasang pada kromosom lain. (1) autopoliploidi yaitu poliploid yang terjadi pada kromosom homolog, misalnya semangka tanpa biji. 2.1 kromosom manusia kromosom adalah struktur nukleoprotein yang membawa informasi genetik.

Padahal Normalnya, Seorang Laki Laki Akan Memiliki Kromosom Seks Xy, Sehingga Seorang Laki Laki Yang Menderita Sindrom Ini Akan Memiliki Kromosom Seks Berupa.

Macam macam kromosom berdasarkan fungsinya, kromosom terbagi menjadi dua, yaitu kromosom tubuh (autosom) dan kromosom kelamin (gonosom). Dimana kelainan tersebut adalah dimana seorang laki laki memilki kelebihan kromosom x. Ada dua kromosom yang bertukar materi genetik

Leave a Reply

Your email address will not be published.